Cara Link Building Efektif

Cara Link Building Efektif

Ada banyak pembaruan algoritma yang dilakukan Google pada mesin pencarinya terkait tautan (link), salah satunya Penguin. Satu hal yang belum berubah adalah pandangan saya bahwa 80% faktor peringkat SEO positif (dan negatif) masih berasal dari sumber eksternal.

Sekali lagi, sebagian besar informasi yang saya berikan di sini kemungkinan besar akan tersedia dari sejumlah besar sumber lain, jadi saya akan mencoba untuk mengaitkan ini di mana saya bisa.


Membuat strategi Link Building

Menciptakan strategi yang solid harus menjadi titik awal untuk setiap kampanye Link Building. Anda perlu mengambil sudut pandang awam, mereka tahu apa yang diinginkan tapi tidak tahu apa yang sebenarnya dicari di internet, mereka butuh referensi! Sebelum Anda menetapkan strategi apa pun, Anda perlu mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, seperti berikut:

  • Seperti apa tampilan profil saat ini? (jika situs web yang ada)
    • Apakah saya harus menghapus link sebelum memulai?
    • Apakah saya perlu mendapatkan otoritas atau suara?
    • Apakah saya benar-benar membutuhkan lebih banyak link atau apakah saya akan mendapat manfaat dari faktor lain?
  • Bagaimana saya membangun link?
    • Haruskah saya menjalankan proyek kreatif seperti Infografis?
    • Haruskah saya melakukan blogger outreach / posting tamu?
    • Haruskah saya menyarankan webmaster mengganti link yang rusak?
    • Bagaimana saya akan menjangkau webmaster?
      • Jaringan sosial?
      • Acara jaringan?
      • Telepon?
      • E-mail?
  • Jenis anchor teks apa yang harus saya gunakan?
    • Apa yang akan dilihat oleh tim spam web Google selama tinjauan manual?
    • Jenis teks tautan apa yang paling alami untuk situs yang ingin Anda targetkan?
  • Apakah ada halaman pendukung yang cukup untuk halaman arahan atau harus lebih banyak dibuat?

Setiap website jelas berbeda sehingga tidak ada dua orang yang akan memiliki jawaban yang sama untuk jenis pertanyaan ini, tetapi semoga ini akan memberi Anda titik awal yang baik – ingatlah untuk mendokumentasikan dan melacak semuanya.

Penempatan link (tautan) yang tepat

Beberapa perubahan telah dilakukan pada cara Google melihat penempatan link, pada tahun 2010 saya mengisyaratkan bahwa tautan footer masih memiliki nilai, karena penempatan tautan Panda dan Penguin di footer dan bahkan sidebars dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada baik dan dapat meninggalkan Anda dengan Kata kunci yang difilter atau bahkan dihukum dalam SERPs.

Saat ini teknik paling aman untuk link building adalah memperoleh tautan dari dalam konten, bahkan lebih baik jika Anda bisa mendapatkannya di paragraf pertama – tetapi ingatlah untuk membuatnya tetap terlihat alami.

Nofollow dan Dofollow Links

Dua tahun yang lalu saya membahas tentang bagaimana setiap website harus memiliki campuran yang baik dari tautan Nofollow dan sementara ini masih benar, saya telah diminta berkali-kali seputar berapa rasio yang saya gunakan ketika bekerja pada kampanye membangun tautan.

Sebenarnya tidak ada acuan baku yang bisa saya berikan kepada Anda, meskipun apa yang dapat Anda lakukan adalah meneliti rasio rata-rata nofollow vs dofollow untuk website peringkat teratas di niche Anda, abaikan saja website spam saat melakukannya karena mungkin akan merugikan.

Baca juga:  Solusi Industri

Branded Links

Saya masih percaya bahwa Google memiliki otoritas mereka sendiri dan menambahkan atribut metrik kepercayaan ke algoritma PageRank internal Google. Dengan mengingat hal ini, sangat penting bahwa Anda mendapatkan tautan bukan hanya ke beranda tetapi juga halaman di seluruh situs web Anda.

Teks Anchor Berorientasi Kata Kunci

Selama bertahun-tahun, setiap SEO telah membangun bagian yang adil dari tautan kaya teks tautan, sayangnya ini bukan strategi yang layak karena Google memperkenalkan filter kata kunci otomatis dan bahkan lebih lagi sejak Penguin datang. Profil teks anchor adalah sesuatu yang bahkan ditinjau secara manual oleh tim spam – ini dikonfirmasi oleh Andre Weyher, mantan anggota tim Search Quality di Google.

Distribusi Halaman Arahan

Pada tahap pembuatan strategi, pastikan Anda menetapkan tingkat volume yang jelas untuk setiap halaman arahan yang ditargetkan untuk memastikan bahwa bagian tertentu dari website tidak menjadi terlalu berat karena ini bisa menjadi masalah sulit untuk diperbaiki.

Jika Anda khawatir tentang volume tautan masuk ke halaman web, opsi terbaik adalah membuat halaman pendukung tambahan untuk setiap area dan menggunakannya untuk menyebarkan beban.

Kualitas Konten dan Relevansi

Dengan deteksi tautan tidak wajar Google menjadi lebih baik dan lebih baik dan Panda menghukum konten berkualitas rendah, saya tidak dapat menekankan betapa pentingnya tidak hanya berupaya dalam pembuatan konten, tetapi memeriksa kualitas konten yang ada di website bahkan sebelum memikirkan tentang menerbitkan artikel. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah menemukan website yang baru saja Anda luangkan satu jam atau lebih untuk menulis posting telah dihukum dan posting yang tidak memiliki nilai baik untuk pengguna atau mesin pencari.

Cobalah membuat konten untuk pengguna akhir bukan untuk bot Google. Anda tidak hanya menginginkan tautan untuk meningkatkan peringkat, tetapi juga mengirimkan lalu lintas untuk memberikan ajakan pembelian secara halus baik di dalam teks tautan atau sebelum tautan tanpa terlalu berfokus pada penjualan. Selain itu, jagalah konten tidak hanya pada topik untuk situs klien Anda tetapi pada topik ke website tempat penerbitan Anda.


Link Sumber

Tren saat ini, mengharuskan Anda harus memiliki sedikit fokus pada link sumber. Akan membutuh waktu untuk mencapai tahap di mana Anda menghasilkan cukup link untuk membuat perkembangan bagi kampanye klien Anda.

Menambang Backlink Kompetitor

Ketika awal memulai membangun link sumber, sebaiknya tinjau tautan apa yang dimiliki pesaing Anda. Meskipun ini tidak akan membantu Anda mengambilnya, itu akan membantu Anda menutup celah atau menambahkan dimensi ekstra itu ke profil tautan Anda. Waspadalah saat melakukan hal ini untuk tidak mengejar tautan berkualitas lebih rendah tetapi tetap pada kualitas tertinggi untuk memastikan Anda tidak dimasukkan ke air panas oleh dewa Google hehe.

Operator Pencarian Lanjut

Cara terbaik untuk maju dari pesaing Anda dalam hal membangun link manual masih harus muncul dengan pertanyaan pencarian operator lanjutan tautan kreatif dan menjelajahi kedalaman internet. Ketika datang dengan pertanyaan ini saya melakukan penelitian tentang topik saya menggunakan Wikipedia untuk mendapatkan pengetahuan tentang topik terkait.

Baca juga:  9 Cara Memilih Nama Channel YouTube yang Keren dan Menjual

Setelah dua tahun, kueri yang saya rekomendasikan masih sama dan telah membantu saya mendapatkan tautan berharga yang tidak akan saya temukan jika tidak:

[istilah pencarian] -situs: Wikipedia.org -site: blogspot.com -site: telegraph.co.uk -site: wordpress.com -site: about.com -site: guardian.co.uk – “direktori” – ” tambahkan tautan “-” iklan “

String ini tidak berfungsi untuk setiap ceruk tunggal dan Anda mungkin harus bereksperimen dengan memfilter domain tambahan dari penelusuran Anda (yang sering muncul).

Direktori

Bentuk link building ini sayangnya tidak lagi seefektif dulu, jadi saya tidak menyarankan Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk hal ini. Namun, masih bernilai investasi beberapa waktu untuk mengirimkan website ke direktori terkenal dan membuat direktori niche yang lebih kecil karena ini dapat menambahkan sedikit dorongan untuk kampanye link building.

Mengomentari Blog dan Forum

Yang bisa saya katakan di sini adalah jangan lakukan itu, tidak peduli seberapa keras Anda mencoba itu akan tetap berakhir seperti spam, lebih baik menggunakan cara dengan melibatkan komunitas untuk mendapatkan peluang tautan lainnya.

Membangun link lebih kreatif

Melihat ke masa depan, satu-satunya cara yang layak untuk mendapatkan tautan yang mengarah ke website Anda dengan aman adalah melalui content marketing. Saya sendiri telah menjadi pengadopsi lambat dari cara berpikir ini dan merindukan seluruh infografis dan widget menggila yang telah dipanggil oleh Google sebagai ‘tidak wajar’.

Karena SEO off-site bergerak semakin dekat menjadi seperti pemasaran offline, kita perlu berpikir sebagai pemasar dan melakukan hal berikut untuk menghasilkan tautan:

  • Buat berita ‘kabar baik’
  • Buat sumber daya eksternal
  • Buat properti interaktif
  • Buat konten yang menjangkau ke demografis target Anda
  • ‘Duduk berhadap-hadapan’ dengan blogger dan cari tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan

Tetapi di atas semua yang Anda butuhkan untuk memastikan semua proyek sesuai dengan kebutuhan dari merek klien atau mereka mungkin pergi ke tempat lain.

Komunitas Blogging Tamu

Komunitas blogging tamu penuh dengan blogger yang mencari konten gratis; ini dapat digunakan tidak hanya untuk kampanye link building tetapi untuk mempromosikan proyek yang lebih kreatif juga. Ketika menggunakan jenis layanan ini hanya memastikan Anda tetap waspada pada kualitas blog yang ditawarkan karena meskipun ada beberapa permata, website spam jauh lebih besar daripada ini.

Beberapa layanan yang saya gunakan sebelumnya termasuk:

  • Blogdash (Gratis untuk Bergabung & Jelajahi, Bayar ke Kontak)
  • Bloggerlinkup (Gratis)
  • Guestr (Gratis)
  • MyBlogGuest (Gratis)

Penghapusan link

Dengan semua pembicaraan tentang Penguin dan SEO negatif selama setahun terakhir, kemungkinan besar mayoritas SEO harus melakukan pemeriksaan kesehatan backlink untuk melihat apakah klien mereka berisiko. Yang tidak beruntung dalam industri mungkin harus benar-benar menghapus tautan. Penghapusan tautan itu sendiri bukanlah tugas yang sulit tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama untuk menemukan detail kontak.

Baca juga:  6 Cara Membangun Positioning untuk Channel YouTube

Jika Anda ingin menghemat waktu Anda, saya akan merekomendasikan menggunakan Link Research Tools karena melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menganalisa profil Anda dan bahkan menyediakan beberapa data alamat email tetapi jika Anda memerlukan analisis yang lebih rinci, Anda akan memerlukan hal-hal berikut:

  • Majestic SEO
  • NP Checker
  • Mozilla Thunderbird
  • Keterampilan MS Excel
  • Banyak waktu

Email Outreach

Initial Outreach tetap menjadi salah satu tugas tersulit dalam proses link building. Mengapa? Karena Anda biasanya hanya mendapat satu kesempatan untuk melakukannya dengan benar. Tentu saja Anda dapat mengirim ulang email kepada semua orang yang tidak membalas tetapi taktik itu tidak dianjurkan.

Untuk mendapatkan tingkat respons yang lebih tinggi dengan penjangkauan, Anda perlu memastikan bahwa Anda melakukan hal-hal berikut:

  • Personalisasi
  • Berinteraksi dengan mereka yaitu bertanya tentang hari / minggu mereka
  • Pertahankan permintaan Anda singkat
  • Gunakan persona wanita
  • Email pada hari Jumat

Jangan lupa bahwa Anda juga dapat melakukan email massal yang dipersonalisasi untuk menghemat waktu Anda.

Penjangkauan Alternatif

Jika Anda mencari kualitas melebihi kuantitas maka mengirimkan template email tidak akan menjangkaunya, Anda perlu mendapatkan perhatian dengan cara lain untuk mendapatkan tautan yang benar-benar penting. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan diri Anda di radar dari penerbit / webmaster profil tinggi adalah untuk berinteraksi dengan mereka melalui media sosial.


Melacak Kemajuan

Karena membangun tautan telah menjadi tugas yang lebih berbahaya, Anda harus melacak setiap tautan yang dibangun bersama dengan metrik, teks tautan dan laman landas yang dituju tautan. Data ini dapat digunakan untuk melacak kemajuan, memeriksa metrik dari waktu ke waktu (memeriksa kembali mencari situs yang mendapatkan penalti) atau mencari kelebihan berat bagian tertentu dari situs web klien Anda.

Kesimpulannya, semakin banyak data yang kita lacak, semakin baik peluang kita untuk menemukan potensi masalah dan membuatnya cepat diperbaiki, kemungkinan besar menyelamatkan klien Anda dari masalah peringkat di masa mendatang. Anda dapat menemukan contoh dasar yang saya gunakan saat ini di sini.


Apa yang ada di masa depan?

Melihat ke arah yang telah diambil Google selama setahun terakhir, sudah sangat jelas bahwa mereka telah mulai menindak sejumlah besar kegiatan yang tidak wajar – tetapi seperti yang saya sebutkan itu tidak berarti kita harus menjauh dari teknik tradisional link building.

Teknik tradisional adalah menemukan target Anda secara langsung, keluar dari meja kerja Anda dan bersosialisasi, membangun hubungan dengan niche Anda, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan tidak hanya tautan yang akan mempengaruhi peringkat pencarian Anda tetapi mulai membangun koneksi antara publisher dan brand – yang pada gilirannya akan terlihat alami bagi kedua algoritma dan mata manusia, terutama jika Anda menggunakan berita dan tren sebagai dasar untuk konten eksternal Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *