Categories
Gitar & Bass

Cara Membersihkan Gitar

Lakukan perawatan dan pembersihan gitar atau instrumen musik secara benar. Simak cara membersihkan gitar dengan mudah dan membuat gitar tetap awet.

Seiring waktu saat kamu memainkan gitar, kemungkinan akan menimbun kotoran, entah itu keringat, penumpukan debu, dan ini tentu akan membutuhkan pembersihan yang tepat.

Membersihkan gitar adalah proses yang sederhana, hanya membutuhkan beberapa hal kecil yang mungkin kamu miliki di sekitar rumah. Berhati-hatilah saat membersihkan gitar tertentu, seperti gitar vintage, dan pastikan kamu memoles gitar dengan produk poles gitar yang aman.

Persiapan Pembersihan Gitar

1. Alat dan bahan pembersih gitar

Membersihkan gitar hanya membutuhkan beberapa bahan. Kain lembut seperti lap microfiber, air, pembersih, dan semir gitar. Gitar listrik dapat dibersihkan dengan cara yang sama seperti akustik.

  • Jika kamu ingin melakukan pembersihan noda berat pada gitar, kamu dapat menggunakan cuka putih – ini adalah produk yang aman yang tidak akan merusak lapisan pada gitar. Kamu harus menghindari sebagian besar produk pembersih yang mengandung silikon, lilin tebal, pernis tipis, dan pemutih. Pembersih serbaguna dan semir furnitur juga merupakan produk yang harus kamu hindari karena dapat merusak lapisan pada gitar.
  • Hindari menggunakan koran untuk membersihkan gitar karena mereka bisa menggores finishing gitar. Menggunakan kain yang telah dicuci berkali-kali akan bekerja paling baik karena sebagian besar harus bebas dari serat.
  • Sebelum Anda memulai proses membersihkan gitar, ada baiknya melepas senar sehingga membersihkan fretboard menjadi tugas yang lebih mudah. Saat Anda mengganti senar, itu mungkin saat yang tepat untuk membersihkan gitar Anda. Pastikan Anda hanya melepas beberapa senar pada satu waktu sehingga Anda tidak main-main dengan ketegangan leher pada gitar Anda.
  • Penting untuk melepaskan senar Anda pada gitar Anda, karena saat Anda membersihkan sisa gitar Anda tidak ingin ada produk pembersih yang bersentuhan dengan senar Anda. Senar Anda harus bebas dari minyak, poles, atau kain lembab yang mungkin Anda gunakan saat membersihkan.

2. Membersihkan senar atau string gitar

Sebelum kamu memulai proses membersihkan gitar, ada baiknya melepas senar sehingga membersihkan fretboard menjadi lebih mudah. Saat kamu mengganti senar, itu mungkin saat yang tepat untuk membersihkan gitar.

  • Penting untuk melepaskan senar pada gitar saat proses pembersihan, agar produk pembersih tidak bersentuhan dengan senar. Senar gitar harus bebas dari minyak, poles, atau kain lembab yang mungkin kamu gunakan saat membersihkan.

3. Simpan gitar saat tidak digunakan

Mungkin menggoda untuk menampilkan gitar atau meninggalkannya di dudukannya saat kamu tidak menggunakannya, tetapi cara terbaik untuk melindungi gitar dan menjaganya tetap bersih adalah memasukkannya kembali ke tempatnya.

  • Jika kamu merasa perlu meninggalkan gitar di dudukannya sehingga kamu akan ingat untuk memainkannya, pastikan ruangannya memiliki kelembaban sekitar 50 persen. Kelembaban dapat mengeringkan kayu pada gitar, menyebabkan fretboard menyusut dan lentur.
  • Jika gitar memang menunjukkan tanda-tanda mengering, kamu dapat membeli pelembab gitar dan meletakkannya di body gitar, ini dapat membantu mengembalikan tampilan aslinya.

Perawatan gitar vintage

Gitar vintage dengan sentuhan akhir nitro akan berubah warna atau membentuk kilau atau patina seiring waktu sebagai bagian dari proses penuaan normal. Kamu harus menghindari menggunakan poles pada gitar ini karena mereka dapat menghapus finishing ini. Bersihkan gitar vintage hanya dengan kain dan sedikit air.

Cara Membersihkan Gitar

1. Bersihkan fretboard dan leher gitar

Ini adalah bagian dari gitar di mana senar berada. Papan fret atau fretboard, atau fingerboard, hanya boleh dibersihkan sekali atau dua kali setahun, sehingga minyak alami dan kelembapan pada gitar yang diambil melalui kontak dengan jari-jari kamu tetap pada gitar. Gunakan kain, basahi sedikit dengan air atau cuka putih, dan bersihkan kotoran atau debu yang kamu temukan di fretboard.

  • Saat membersihkan gitar, pastikan kamu memeras kain basah sebanyak mungkin – Sehingga gitar tidak terlalu basah dengan air atau produk pembersih.

2. Bersihkan body gitar

Bersihkan body gitar bagian depan, belakang, dan samping – dengan kain lembab yang sama. Pastikan kamu membilas kain agar tidak hanya menyebarkan kotoran ke area lain dari gitar. Buat gerakan melingkar melintasi body gitar.

  • Saat membersihkan gitar, kamu mungkin melihat beberapa titik yang tidak hilang hanya dengan menyeka dengan kain. Sidik jari, noda, atau bintik-bintik kotor mungkin membutuhkan sedikit kelembaban, jadi “hembuskan” nafas hangat pada gitar, sama seperti yang kamu lakukan jika membersihkan jendela. Lalu, bersihkan dengan kain lembab. Jika ini masih belum cukup, kamu bisa menggunakan sedikit deterjen ringan dengan air. Setelah kamu membersihkan tempat-tempat ini, gosok dengan kain kering untuk menghilangkan garis-garis.

3. Bersihkan bridge gitar

Bridge ini terletak di badan gitar, di bawah lubang suara, dan mendukung senar gitar. Untuk membersihkan bridge gitar, gunakan metode yang sama seperti fretboard, membasahi kain dan menyeka bridge untuk menghilangkan debu, noda, dan kotoran. Untuk titik-titik sulit, kamu dapat menggunakan sikat bulu kuda.

4. Bersihkan tombol penyetel gitar

Ini adalah kunci di bagian atas leher gitar, di headstock gitar. Untuk membersihkan kunci-kunci ini, kamu dapat menyemprotkan kain kering dengan pembersih gitar dan memoles setiap tombol untuk mengembalikan kilau.

5. Poles pickup gitar

Ini biasanya terletak pada gitar listrik, di body gitar di tempat lubang suara. Jika pickup terlihat sedikit kotor, kamu dapat membersihkannya dengan kain lembab, tetapi jika kamu melihat karat pada pick up, lepaskan dengan hati-hati dari gitar. Setelah kamu melepaskan pickup gitar, bersihkan dengan pembersih karat.

  • Kamu juga dapat menghilangkan bintik-bintik karat menggunakan penghapus pensil putih atau bola kapas dengan sedikit cairan yang lebih ringan.
  • Setelah kamu membersihkan pickup gitar, pasang kembali ke gitar dan lap kering dengan kain bersih.

6. Finishing dengan semir atau poles gitar

Beberapa ahli gitar menyarankan untuk tidak sering memoles gitar, meskipun memoles dapat membuat terlihat bagus seperti kosmetik, itu dapat meredam suara gitar. Jika kamu akan memoles gitar, gunakan semir poles gitar tanpa pelarut atau berkandungan minyak bumi lainnya. Semprotkan pada kain dan usap gitar dengan lembut.

  • Jika gitar memiliki lapisan satin, jangan dipoles atau digosok. Menggosok lapisan satin akan membuatnya tampak bernoda.
  • Kamu juga harus menghindari memoles gitar vintage. Ikuti petunjuk di atas untuk cara membersihkan gitar vintage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *